JATAYU Social Gear's Headline

Minggu, 19 Desember 2010

HIV dan AIDS

Apa itu HIV/AIDS? HIV adalah kependekan dari Human Immunodeficiency Virus yaitu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Orang yang mengidap HIV disebut HIV+ (HIV Positif). Seorang HIV+ secara fisik tampak biasa saja , tidak berbeda dengan orang lain yang normal. Setelah periode 5 sampai 10 tahun, seorang HIV+ dapat berubah menjadi penderita AIDS.

AIDS adalah akronim dari Acquired Immune Deficiency Syndrome, yaitu kumpulan gejala penyakit akibat hilang dan atau menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Penderita AIDS, pada awalnya tidak jauh berbeda dengan orang yang sehat. Namun pada seseorang pengidap HIV atau penderita AIDS, penyakit ringan pun akan berakibat penderitaan dan gejala yang lebih berat. Misalnya sakit influenza, pada orang normal akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari satu minggu, meski tidak diobati sama sekali asalkan cukup makan dan istirahat/tidur. Tetapi bagi pengidap HIV dan atau penderita AIDS, sakit flu ini akan menetap lama bahkan semakin parah dari waktu ke waktu. Jadi, seseorang penderita AIDS tidak akan mati oleh AIDS itu sendiri, melainkan oleh penyakit lain yang dideritanya.

Secara ringkasnya dapat dijelaskan berikut ini, HIV menyerang sistem kekebalan tubuh (sel-sel darah putih) manusia. Jika seseorang sudah terinfeksi HIV, tubuhnya akan menjadi rapuh. Kekebalan tubuhnya yang menurun tidak dapat melawan kuman-kuman penyakit dan atau virus. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka HIV+ tersebut tubuhnya menjadi kurus dan mengalami sakit yang tidak kunjung sembuh yang mempercepat kematiannya. Atau yang lebih menderita, seorang HIV+ terserang penyakit kronis yang mungkin bisa sembuh jika saja dia tidak terinfeksi HIV. Pada umumnya ODHA (Orang Dengan HIV dan AIDS) akan terserang penyakit komplikasi parah (TBC, kanker, diare, DBD, malaria, dan lain-lain). Dan ajal pun menjemputnya...

Tidak ada komentar: